Respon SCRC Awal Tahun 2020

Bencana alam terjadi tanpa terduga, untuk itu kewaspadaan dan kesiapsiagaan harus tetap ada. Untuk itulah Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) dibentuk.

Sejak awal tahun 2020 ini telah terjadi beberapa bencana di beberapa tempat di wilayah republik Indonesia ini, khususnya di daerah Jabodetabek. Dampak yang dihasilkan dari bencana itu sangat cukup berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat khususnya yang langsung terdampak bencana.

Bantuan diperlukan untuk pemulihan kembali wilayah yang terdampak bencana, dari mulai kebutuhan pokok; makan, minum, air bersih, akses jalan, kesehatan, perbaikkan rumah, fasilitas umum dan lain sebagainya.

Berikut ini kami melaporkan beberapa kegiatan yang dilakukan oleh SCRC dari tanggal 1 sampai dengan 17 Januari 2020.

Tim Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) mencoba bereaksi cepat dengan keadaan yang juga sebagian dari anggota menjadi korban dari bencana tersebut. Komunikasi diantara tim tetap dilakukan untuk pengumpulan informasi secara akurat terhadap situasi lokasi, dampak, maupun tindakan yang akan dilakukan.

SCRC yang dimotori oleh club SJI (Suzuki Jip Indonesia) telah bergerak mengadakan evakuasi korban di beberapa titik dan memberikan bantuan sosial, dimana relawan, peralatan rescue, kendaraan maupun biaya operasional berasal dari partisipasi anggota club baik secara organisasi maupun pribadi.

SCRC melakukan koordinasi kepada pihak PT SIS untuk mendapatkan bantuan operasional yang akan dilakukan untuk menunjang kegiatan pemulihan bencana yang akan dilakukan oleh SCRC.

SCRC melaksanana Kegiatan kemanusian merespon akibat dari terjadinya bencana alam banjir bandang dan tanah longsor di daerah Kabupaten Bogor, Peristiwa bencana tanah longsor yang terjadi di wilayah Kabupaten Bogor mencakup wilayah yang sangat luas. Lokasi longsor tersebar di beberapa titik dan daerah yang terdampak bencana rusak parah. Banjir di Bekasi Utara. Kec. Sukawangi.

Dalam kegiatan ini SCRC bersinergi dengan pihak lain dalam penanganan bencana diantaranya dengan pihak:

  • CT Arsa Foundation
  • Transmedia Grup
  • RS Mulya
  • Semangat Jiwa Indonesia
  • Indonesia Off-Road Federation (IOF)

Beberapa Kegiatan yang dilakukan:

  • Menyediakan Transportasi.
  • Mendistribusikan bantuan.
  • Pelayanan Kesehatan.
  • Mendirikan Pos Bantuan Bencana.
  • Pembersihan fasilitas umum di lingkungan terdampak bencana.

Sebagai catatan jumlah pengungsi akibat bencana yang terjadi pada awal 2020 di Kabupaten Bogor tanggal 18 Januari 2020 tercatat mencapai 17.869 jiwa dan tersebar di empat kecamatan.(sumber BNPB)

Berikut ini terlampir foto-foto kegiatan yang dilakukan SCRC Bersama tim yang lain dalam penanggulangn/pemulihan pasca bencana.

Menu